Google Resep Makanan Ringan | Bayi | Sehat | Indonesia: MEMBUAT BAKSO SAPI

Tuesday, June 4, 2013

MEMBUAT BAKSO SAPI

MEMBUAT BAKSO SAPI - Yang namanya BAKSO, ini sudah menjadi makanan favorit ane mungkin juga agan-agan juga ya. mau makan berapa banyak pun ga kan bosen-bosen , hehe.. apalagi kalo makannya pas dingin-dingin or pas lg ujan, emmm .. pasti tambah muanteb yo gan..


membuat bakso sapi
Akan tetapi seperti kebanyakan orang, belakangan ini  banyak kabar dari media, bahwa ditemukan BAKSO yang mengandung daging babi...HARAM gan!!!.. .. saat mendengar kabar tersebut ane sendiri sempet kesel dan jengkel dengan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut. Hanya demi keuntungan pribadi hingga merugikan banyak orang. Tapi dari pada akhirnya tidak makan BAKSO, padahal BAKSO merupakan makanan favorit. Lebih baik menggunakan cara yang di ridhoi Allah SWT, sehingga tetep bisa makan BAKSO dan pasti halalnya. . caranya dengan MEMBUAT BAKSO SAPI sendiri.. hehehe ya.. sedikit agak repot sih.. tapi lebih terjamin kehalalnya.. karena kita sendiri yang membuat. Berikut cara MEMBUAT BAKSO SAPI yang maknyuuus....

Bahan -bahan MEMBUAT BAKSO SAPI :

    1 kg daging sapi giling
    1 ons tepung kanji
    6 siung bawang putih
    1 senduk makan garam
    1/2 sendok teh merica bubuk
    penyedap rasa secukupnya



Bahan Membuat Kuah Bakso :


    Tulang sapi
    Air
    Bawang putih 5 siung, goreng dan haluskan
    Bawang merah 4 siung, goreng dan haluskan
    Bawang goreng 1/2 sdm, haluskan
    gula 2 sdt
    garam 1 sdm
    lada 1/2 sdt
    daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris halus
    kaldu sapi instan, 2 sdt


Cara MEMBUAT BAKSO SAPI :
  • Haluskan bawang putih, silahkan tumbuk atau blender.Campur bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam adonan daging sapi giling, merica, garam, penyedap rasa, sekaligus tepung kanji.
  • Aduk dan uleni adonan tersebut hingga merata kurang lebih 10 menit
  • Setelah adonan tercampur rata selanjutnya bentuklah menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan tangan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, usahakan agar ukurannya tidak terllau besar supaya bisa matang secara lebih merata dan cepat. Nah disini saya yakin anda bisa untuk membuat bulatan BAKSO.
  • Masukkan bulatan BAKSO yang anda buat ke dalam air panas, kemudian rebuslah ke dalam air yang mendidih hingga matang. Tanda BAKSO yang telah matang adalah mengapung di permukaan air yang mendidih. Proses perebusan biasanya memakan waktu 10-15 menit.
  • Angkat BAKSO yang telah matang dan tiriskan dalam suhu ruangan.

Cara membuat kuah BAKSO :
  • Rebus air bersama tulang dan semua bumbunya sampai mendidih dan tulangnya menjadi matang. Jika sudah matang, kecilkan apinya dan selanjutnya anda sudah bisa menyajikan BAKSO bersama kuahnya.
Untuk penyajian, bisa di tambah pelengkap seperti bawang goreng, tahu, seledri, saus, kecap dan lain sebagainya agar lebih terasa enaknya.

Semoga cara MEMBUAT BAKSO SAPI Ini berguna dan artikel ini diambil dari permathic.blogspot.com .

No comments:

Post a Comment